Senin, 09 Agustus 2010

Kalau Taqdir Melemparmu, Ikutilah Ia



Basyar bin Basyar al-Majasyi'i bahwasannya ia berkata, "Saya menjumpai tiga orang budak di Baitul Maqdis. Lalu saya bertanya kepada salah seorang dari mereka:"Berilah saya nasihat".
Ia menjawab:"Lemparkanlah dirimu bersama takdir kalau ia melemparmu. Itulah yang terbaik untuk mengosongkan hatimu dan memperkecil keinginanmu. Maka hati hatilah jika kamu marah karena yang demikian itu, kamu akan mendapat murka dari Allah sedangkan kamu dalam keadaan lupa kepada-Nya dan kamu tidak merasakan hal itu."

Basyar berkata,"Saya bertanya kepada yang lain:"Berilah saya nasihat".
Ia menjawab:"Saya tidak bisa memberimu nasihat".
Basyar berkata kembali:"Berilah saya nasihat, semoga dari nasihatmu Allah swt memberi manfaat kepada kita."
Ia berkata:"Apabila kamu hanya ingin nasihat maka camkan hal berikut, carilah kerelaan Allah dengan meninggalkan larangan-Nya, karena hal tersebut dapat menyampaikanmu kepada Allah swt."

Basyar berkata,"Saya berkata kpada budak yang terakhir:"Berilah saya nasihat."
Lalu ia menangis dan terjatuh, kemudian ia berkata:"Wahai saudaraku, janganlah menyelesaikan masalah dengan mencari cara selain cara Allah swt. Karena jika tidak mencari cara Allah swt maka kamu akan binasa dan sesat."

dikutip dari buku "Agar selalu Menerima Takdir Allah" by Manshur Abdul Hakim.

Tidak ada komentar: