Selasa, 20 Juli 2010

Beberapa golongan manusia yang tercantum dalam Al-Quran Surat Attaubah

Mesjid Habiiburrahman, Ahad 10 Juli 2010

Tadabur beberapa ayat Al-Quran Surat Attaubah

By Ustadz Suherman

1. Assabiqunal Awwalun
Terjadi pada masa Rasulullah, beserta para shabat dan shahabiyah. Karakter yg dimiliki diantaranya :
• Beriman tanpa banyak Tanya dan protes atau berfikir terlalu lama
“Sami’na waatha’na wa’amalaa” Menerima apapun yang Allah perintahkan disertai pemahaman (boleh bertanya jika sangat sangat diperlukan) dan mengamalkannya.”
“Orang-orang yang terdahulu lagi yang pertama-tama (masuk Islam) dari golongan muhajirin dan anshar dan orang-orang yang mengikuti mereka dengan baik, Allah ridha kepada mereka dan merekapun ridha kepada Allah dan Allah menyediakan bagi mereka surga-surga yang mengalir sungai-sungai di dalamnya selama-lamanya. Mereka kekal di dalamnya. Itulah kemenangan yang besar.”(QS Attaubah:100)
• Parameter atau cara pandangan semuanya disesuaikan dengan syariat Allah agar Allah senantiasa memberikan pertolongan-Nya.
“Carilah segala sesuatu dengan parameter akhirat,,, kriteria yang bisa lebih mendekatkan diri kita pada Allah”
• Tidak takut kepada apapun selain Allah
• Selalu mencari lingkungan yang mendukung tegaknya syariat Allah.. Kondusif untuk diri kita dan kondusif untuk orang orang yang kita sayangi.

2. Muslim/ah yang mencampuradukkan antara yang haq dan yang batil (contoh di masa Rasulullah seperti hal nya Ka’ab bin Malik). Hal yang terjadi di masa kita saat ini memiliki ciri ciri :
• Mengaku Beriman tapi terkadang terlalu banyak tanya dan protes serta berfikir terlalu lama hingga da’wah berjalan terlambat.
• Parameter atau cara pandangan terhadap akhirat belum murni masih ada keduniawiannya….
• Terkadang takut kepada selain Allah
• Saat berbaur bersama masyarakat,,, seharusnya bisa mewarnai tapi kondisinya terkadang malah terwarnai
“Dan (ada pula) orang-orang lain yang mengakui dosa-dosa mereka, mereka mencampurbaurkan pekerjaan yang baik dengan pekerjaan lain yang buruk. Mudah-mudahan Allah menerima taubat mereka. Sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi maha Penyayang. “(QS Attaubah:102)

3. Al-Mutarhaddin
Hakikatnya adalah orang yang tidak beriman kepada Allah karena memiliki hati yang sakit,, banyak bertanya dan mengeluh serta menjadikan berbagai macam pertimbangan sebagai alasan untuk membenarkan tujuannya..
“Sesungguhnya yang akan meminta izin kepadamu (Muhammad), hanyalah orang-orang yang tidak beriman kepada Allah dan hari kemudian, dan hati mereka ragu-ragu, karena itu mereka selalu bimbang dalam keraguannya. ”(QS Attaubah:45)
Dampak dari sikap Al-Mutarhaddin
” Jika mereka berangkat bersama-sama kamu, niscaya mereka tidak menambah kamu selain dari kerusakan belaka, dan tentu mereka akan bergegas maju ke muka di celah-celah barisanmu, untuk mengadakan kekacauan di antara kamu; sedang di antara kamu ada orang-orang yang amat suka mendengarkan perkataan mereka. Dan Allah mengetahui orang-orang yang zalim.”(QS Attaubah:47)

4. Al-Mukhallaf
“Orang orang yang merasa bahagia ketika ditinggalkan (kebaikan meninggalkannya)
Orang-orang yang ditinggalkan (tidak ikut perang) itu, merasa gembira dengan tinggalnya mereka di belakang Rasulullah, dan mereka tidak suka berjihad dengan harta dan jiwa mereka pada jalan Allah dan mereka berkata: "Janganlah kamu berangkat (pergi berperang) dalam panas terik ini." Katakanlah: "Api neraka jahannam itu lebih sangat panas(nya)" jika mereka mengetahui. .”(QS Attaubah:81)

5. Muslim yang tidak peduli
Sebagian besar dari mereka adalah orang orang yang memiliki pengaruh, jabatan dan memiliki banyak ilmu tapi mereka tidak peduli dengan kondisi lingkungannya.. Penyebabnya adalah karena tertutupnya pintu hati mereka dari petunjuk Allah..
“Dan jika mereka mau berangkat, tentulah mereka menyiapkan persiapan untuk keberangkatan itu, tetapi Allah tidak menyukai keberangkatan mereka, maka Allah melemahkan keinginan mereka. dan dikatakan kepada mereka: "Tinggallah kamu bersama orang-orang yang tinggal itu." (QS Attaubah:46)

Sekarang pertanyaannya termasuk golongan manakah kita??

Pengingat diri sy pribadi (Baru masuk langsung dapet tausiyah menohok),,, insya Allah sekalian berbagi catatan bwt yg blm dapet.. Semoga Bermanfaat ^_^

Tidak ada komentar: